Kali ini Media Motor akan membahas sistem pengisian di motor supra x 125.
Sistem pengisian berfungsi mengisi battery agar voltase yang tersimpan tetap stabil.
Dan karena di motor ini menggunakan CDI DC yang ber artinya sumber
pengapian nya berasal dari aki jadi di upayakan aki harus tetap dalam
kondisi prima.
Lalu Apa yang terjadi jika aki drop.?
Jika aki ngedrop, maka semua sistem kelistrikan akan meredup.
contohnya: Klakson tidak nyaring, spedometer akan berkedip, sein tidak
terang.
Peringatan..!!
Jangan biarkan terlalu lama motor yang menggunakan sistem pengapian DC
tanpa adanya aki, bisa memperpendek komponen pengapian, terutama CDI.
Oya tadi saya bilang kalau di motor ini aki yang menjadi sumber
pengapian bukan, tapi kok kalau aki drop masih bisa hidup motor nya.?
Ya bisa dong, jika aki drop motor akan tetap bisa berjalan normal dengan
syarat sistem pengisian sehat.
Kalau sistem pengisian nya sudah tidak bagus motor dengan CDI dc akan
mogok ya lur.
Selanjutnya..
Diagram sistem pengisian Supra X 125.
Keterangan gambar.
Kabel W terhubung ke regulator / kiprok.
Kabel G menjadi massa alternator dan regulator yamg terpasang di
body.
Kabel Y di regulator terhubung ke sistem penerangan lampu depan.
Kabel R regulator mengarah ke positif Aki dan terpasang sekring 15A.
Cara pengecekan sistem pengisian.
A. Sistem pengisian berawal dari alternator / spul. Untuk pengecekan nya
kalau tanpa multitester bisa langsung anda gesekan kabel putih ke body
sambil di stater, jika normal seharusnya akan meletikkan bunga api.
Jika anda gunakan multitester periksa tahanan di kabel putih dan hijau
alternator / spul dengan skala ohm. Standar tahanan nya adalah 0,3 - 1,1
ohm. Ganti spul jika tahanan tidak sesuai.
B. Untuk cek regulator cara mudah yang sering saya pake yaitu dengan
melepasan posotif Aki lalu colokoan probe merah multi ke kabel merah di
soket regulator dan probe hitam ke massa, lalu stater motor, seharusnya
ada arus yang terbaca.
Anda juga bisa menggunakan bolep tester untuk pengecekan ini. Caranya
pun sama, lepas positif aki lalu satu kabel dari bolep tester ke kabel
merah regulator dan yang satu ke massa. Kalau kiprok mormal saat motor
di stater bolep akan menyala.
Untuk warna kabel kiprokya baca warna kabel soket kiprok dan fungsinya.
Nah saya rasa cukup sampai di sini pembahasan sistem pengisian di motor
supra x 125 ini.
Semoga bisa di pahami.
Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.